4 Tanaman yang Mudah Dirawat di Rumah

2016-05-03 03:00:21
4 Tanaman yang Mudah Dirawat di Rumah

Jakarta-Tanaman hias adalah salah satu tumbuhan favorit untuk ditanam di sekitar rumah. Tanaman hias juga bisa kita tempatkan di dalam rumah tentunya dengan menanam di dalam pot.

Desainer interior juga banyak yang memanfaatkan tanaman hidup di pot untuk menghias ruangan. Tidak punya keterampilan merawat tanaman?

Tidak usah khawatir, karena Rumah.com, akan menampilkan empat jenis tanaman hias yang paling mudah dirawat. Selain mudah dirawat, beberapa tanaman berikut ini juga tidak memerlukan penyiraman yang terlalu sering.

Dracaena

Dracaena merupakan tanaman daerah tropis. Di Indonesia beberapa jenis dracaenamasih dianggap tanaman liar atau tanaman pekarangan yang kondisinya kurang terpelihara sehingga tidak terlihat keidahannya.

Dracaena merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup bandel, karena bisa ditempatkan di dalam maupun luar ruangan.

Tanaman pembersih udara ini bisa diperbanyak dengan teknik stek batang. Meskipun tahan cahaya, usahakan agar tanaman ini tidak terpapar secara langsung oleh sinar matahari.

Mereka hanya membutuhkan penyiraman dua kali dalam sebulan. Jenisnya juga beragam, bisa Anda pilih sesuai selera.

Air Plants/ Tillandsia

Tanaman ini diberi nama air plant karena dapat hidup hanya dengan media udara. Tanpa tanah, pupuk, bahkan penyiraman air sekalipun, Anda bisa menjadikannya hiasan hidup yang cantik. Tillandsia adalah tanaman epifit yang masih berkeluarga dengan nanas nanasan.

Meskipun bisa hidup tanpa disiram, namun ada beberapa jenis tanaman Tillandsia yang pertumbuhannya kurang bagus di cuaca terik.

Oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis tillandsia apa yang dipelihara dan bagaimana kebutuhannya. Mereka sangat cantik digantungkan pada tali atau kawat untuk menghias ruangan.

Haworthia

Haworthia adalah tanaman asal Afrika Selatan. Sangat cocok di iklim panas di bawah terik matahari dan tidak perlu sering disiram, sehingga cocok untuk Anda yang tak punya banyak waktu mengurus tanaman. Ukurannya cukup mungil, sekitar 1-2 cm saja.

Karena bentuknya yang mirip kaktus maka banyak orang yang mengira tanaman ini masih satu family dengan kaktus. Perawatannya cukup mudah, Anda bisa menanam Haworthia di pot berukuran mungil dengan media tanam kering seperti pasir malang dan kompos.

Penyiramannya dilakukan tiga sampai empat kali seminggu dan sesekali membutuhkan sinar matahari langsung.

Mistletoe Cactus (Spesies Rhipsalis)

Sebagai salah satu jenis tanaman kaktus, Mistletoe tidak membutuhkan asupan air yang terlalu banyak. Perawatannya juga mudah karena ia bisa menyesuaikan diri dengan mudah. Tanaman ini cocok tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi.

Kebutuhan sinar mataharinya juga tidak terlalu banyak sehingga cocok ditanam di dalam ruangan. Tanam kaktus yang menyerupai batang berwarna hijau ini dengan tanah dan humus. Cukup disiram ketika media tanam kering dan beri pupuk NPK Daun dalam waktu sebulan sekali. (Isnaini K/Ahm)

Sumber : liputan6.com

KOMENTAR