Software Property Management

By admin

Perkembangan teknologi berdampak sangat besar di kehidupan manusia modern, bagaimana tidak, penggunaannya yang mudah dan manfaatnya yang langsung terasa, membuat kita lebih mudah dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Dahulu kita menjalankan tugas sehri-hari secara manual, seperti membuat makanan, membaca koran, dan berkendara, Namun, seiring perkembangan teknologi, segala kegiatan dapat dijalankan dengan mudah, kita tak perlu repot-repot membuat makanan, hanya tinggal pesan di aplikasi, nanti makanan langsung dating, untuk membaca koran, bisa langsung dilakukan di telepon genggam, jika ingin berkendara, tinggal pesan lewat aplikasi, nanti dijemput.

Kemudahan-kemudahan itulah yang membuat manusia sadar jika perkembangan teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, baik saat dirumah, bersosialisasi, maupun dalam pekerjaan. Beberapa perusahaan pun sudah banyak menyadari hal ini, maka dari itu sudah banyak pekerjaan yang mengintegrasikan  teknologi, contohnya manajemen properti.

Secara umum, building management membutuhkan sistem manajemen untuk melakukan beberapa hal yang dianggap penting, hal-hal tersebut adalah, Sales and Marketing Management System, Tenancy System, Billing System, dan Maintenance System.

Pekerjaan Building Management memiliki dampak pada bidang properti karena berkaitan dengan banyaknya ruangan dan fasilitas yang harus diperhatikan, seperti Billing, Logistic, Contract Agreement, dan Finance & Accounting. Jika hal ini dilakukan secara manual bisa menimbulkan masalah.

Masalah muncul ketika building management menerapkan segala aktivitas, seperti pengumpulan informasi tentang gedung, kontrol pegawai, dilakukan secara manual. Bisa dibayangkan bagaimana ratusan pegawai building management pada suatu property tidak dibantu dengan baik, kesalahan seperti lalai, dan ketidakefektifan bekerja mungkin saja terjadi.

Jika masalah itu muncul, tentu saja Building Manager  akan mengalami kesulitan dalam mengontrol dan memonitor pekerjaan tersebut. Pekerjaannya akan tidak efektif, dan bisa saja menimbulkan masalah yang berpotensi merugikan.

Untuk meminimalisir potensi kerugian, bisa dilakukan dengan integrasi ke software, seperti komputerisasi. Kegiatan tersebut, bisa membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, karena tidak harus dicatat menggunakan tangan, software akan membantu kita dalam hal tersebut.

Property Management System

Sistem yang diintegrasikan ke software dapat membantu dalam keseluruhan pekerjaan building management, seperti, Lease & Billing Management, Logistic & Accounting dan lain sebagainya. Penggunaannya bisa dilakukan oleh pihak Building Management secara langsung (real time), hal ini berguna untuk menganalisa data pihak Manajemen Properti yang dapat digunakan untuk membuat keputusan.

Penggunaan software tersebut dinamakan Property Software. Property Software memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan pengguna gedung, karena jika mereka memiliki rasa aman dan nyaman untuk bekerja atau tinggal di gedung tersebut, dapat menimbulkan rasa kepercayaan terhadap Building Management.

Keuntungan Building Management yang Baik

Jika Building Management dilakukan dengan baik, maka segala aktivitas dalam pengelolaan dapat berjalan dengan baik pula yang akan memengaruhi tingkat kepuasan pengguna gedung ke hal yang positif.

Melihat keuntungan dari penggunaan property management, membuat salah satu perusahaan properti, bernama PT. Grahamandiri Manajemen Property atau biasa dikenal dengan GMT Property Management, mulai mengintegrasikan ke software property management dalam pengelolaannya.

Sejak didirikan dari tahun 2004, GMT memiliki visi untuk menjadi perusahaan terkini, yang unggul, high tech dan high touch. Maka dari itu perkembangan teknologi membuat GMT sadar untuk terus berinovasi dan improvisasi karena memang dibutuhkan untuk efektifitas dalam bekerja.

Inovasi yang dilakukan untuk menunjang efektifitas bekerja adalah integrase ke software, karena hal ini akan membuat kemudahan dalam segala lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh pihak GMT.