Manfaat Property Management Bergaransi

By admin

Garansi dibutuhkan untuk beberapa tindakan jual beli atau pelayanan jasa, karena penting diketahui bahwa produk atau jasa yang kita gunakan, bisa saja ada kecacatan, maka dari itu, garansi penting untuk menjamin produk yang dibeli.

Jaminan produk atau jasa, adalah suatu bentuk layanan pasca transaksi konsumen yang diberikan untuk pemakaian barang secara berkelanjutan, bentuk pernyataan garansi ada dua, yaitu secara tegas (express warranty) dan tersirat (implied warranty). Masyarakat Indonesia wajib mengenal perbedaan jenis garansi.

Jenis garansi yang dikenal di Indonesia, ada dua, yaitu garansi pabrik dan garansi toko. Garansi pabrik umumnya dilakukan secara tegas, bentuknya tertulis untuk jangka waktu tertentu, sedangkan garansi toko hanya untuk beberapa hari, penyampaiannya dilakukan secara lisan, jadi tidak memiliki legitimasi yang kuat.

Semestinya, garansi tidak hanya bergantung pada kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi atau penggunaan jasa, walaupun telah dilakukan kesepakatan, penting adanya hukum yang mengatur kegiatan tersebut. Pasal 7E Undang-Undang nomor 8, tahun 1999, mengenai perlindungan konsumen,

Pasal tersebut secara tegas menyatakan bahwa salah satu dari kewajiban pelaku usaha adalah memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji, dan/atau mencoba barang dan/atau jasa tertentu serta memberi jaminan dan/atau garansi atas barang yang dibuat dan/atau yang diperdagangkan.

Secara umum, garansi adalah bentuk jaminan yang sudah ditetapkan oleh Undang-Undang, khususnya dalam segi jangka waktu minimal, dalam UU tersebut disebutkan jangka waktunya empat tahun sejak barang digunakan, tetapi, kedua pihak yang bertransaksi masih dapat menyesuaikan jangka waktu tersebut sesuai dengan yang didagangkan, bisa saja dibawah empat tahun. Garansi yang diberikan pun bermacam-macam bentuknya.

Keberadaan garansi bukan hanya menguntungkan pelanggan, perusahaan juga mendapatkan nilai-nilai yang cukup penting jika memberikan garansi terhadap produk atau pelayanan yang ditawarkan.

Memberikan Pelanggan Ketenangan

Layanan garansi tentu memiliki peranan penting untuk pelanggan, yaitu ketenangan. Keberadaan garansi tentu memberi pelanggan pemahaman bahwa produk atau jasa yang diperdagangkan memiliki jaminan, jika terjadi masalah yang tidak diinginkan. Ketenangan pelanggan ini bisa membuat mereka loyal terhadap perusahaan.

Kontrol Kualitas Produk

Perusahaan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, maka dari itu mereka membuat kebijakan untuk memuaskan pelanggan agar mendapat feedback yang baik. Evaluasi juga penting dilakukan agar potensi kerugian perusahaan berkurang dan meningkatkan mutu, sehingga dapat mencapai target perusahaan.

Penetapan Standar

Ketika perusahaan memerhatikan pelayanan garansi yang diberikan kepada pelanggan, perusahaan pasti meninjau kembali produk atau jasa yang ditwarkan, apakah ditemukan kekurangan yang dapat merugikan perusahaan ataupun pelanggan. Peninjauan ini akan membuat standar yang sudah ditetapkan diperbaiki atau ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan.

Dilihat secara umum, garansi ini menguntungkan kedua belah pihak, pelanggan bisa mendapat pelayanan yang memuaskan, dan perusahaan bisa meningkatkan standar mereka. Saat ini, sudah ada perusahaan jasa yang memberikan garansi, salah satunya jasa manajemen properti.

Salah satu Jasa Manajemen Properti yang memiliki garansi adalah GMT Property Management, karena perusahaan ini memiliki tenaga pengajar yang sudah terbukti berkompeten, dan ilmu yang diajarkan pasti berguna untuk pengelolaan poperti.

Agar dapat menghasilkan Property Manager yang berkualitas, GMT Property Management memiliki misi untuk menyedikan Pendidikan dan pelatihan, menjadi pusat riset dan pengembangan, menjadi mitra terpercayabagi Lembaga pemerintah dan non pemerintah, menyediakan informasi/solusi bagi masyarakat atas berbagai masalah berkenaan tema-tema unggulan, pusat sumber daya pendidik, dan penyedia jasa pengorganisasi kegiatan.